2 Mei 2011

Trik Makan Agar Cepat Kenyang

Salah satu cara untuk mengurangi asupan lemak dan kalori adalah mengontrol porsi makan. Tapi kadang rasa lapar berlebihan dan selera makan yang besar membuat kita ingin terus makan.

Tapi ada trik yang bisa membuat perut terasa kenyang lebih cepat, tapi lapar lebih lama. Dikutip dari Health, bukan hanya jenis makanan yang membuat Anda cepat kenyang. Tapi juga cara Anda makan. Yuk, intip tipsnya di sini.

1. Minum Air Putih Sebelum Makan
Minum 1-2 gelas air putih setiap sebelum makan. Air putih akan mengisi perut sehingga Anda lebih cepat kenyang saat makan. Selain itu, Anda bisa mengurangi hingga 60 kalori setiap jam makan.

2. Tambahkan Cuka atau Kayu Manis
Jika memungkinkan, tambahkan sedikit cuka atau bubuk kayu manis ke dalam makanan Anda. Menurut penelitian dari Department of Agricultural and Food Sciences di Zurich, Swiss, dua bahan ini bisa mengontrol kadar gula dalam darah, yang membuat Anda cepat kenyang, tapi lama merasakan lapar lagi.

3. Makan Sayuran Berwarna
Kunyahlah sayuran berwarna oranye dan hijau; seperti wortel, brokoli, bayam dan selada. Sayuran ini mengandung sekitar 90 persen air dan kaya serat, yang membawa sinyal kenyang pada otak sehingga perut pun terasa penuh lebih cepat.

4. Kentang
Kentang mengandung karbohidrat kompleks; jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan, mengonsumsi karbohidrat kompleks (kentang, oatmeal dan beras merah) bisa membuat Anda kenyang hingga berjam-jam dan makan kurang dari 320 kalori per hari. Saat makan siang atau malam, ganti nasi putih atau pasta dengan kentang rebus. Jika ingin rasa yang lebih enak, jadikan sebagai mashed potato dengan sedikit bumbu garam dan merica. Sajikan bersama daging ayam tanpa kulit dan sayuran rebus.

5. Ikan Vs Daging
Pilih makanan laut dibandingkan daging merah untuk lauk. Ikan salmon, misalnya, kaya akan asam lemak omega-3 yang bisa membantu perut lebih cepat kenyang dan bertahan hingga beberapa jam. Penelitian yang diterbitkan European Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, orang yang makan ikan lebih cepat kenyang dibandingkan pemakan daging merah. Plus, mereka juga mengasup 75 kalori lebih sedikit di jam makan berikutnya!

6. Ngemil Kacang Sebelum Makan
Cemillah kacang-kacangan (almond, mede atau kacang tanah) sebelum makan. Kacang mengandung serat, protein dan lemak yang mengaktifkan perasaan kenyang sehingga Anda pun akan makan lebih sedikit.

Sumber: wilipop.com

6 komentar:

Anonim mengatakan...

perlu dicoba nih mba hehehe

Anonim mengatakan...

tipsnya boleh juga nih mbak.

Ladida Cafe mengatakan...

waah, sangat berguna utk mereka yg mmbutuhkannya :D

maaf OOT mbak, punya artikel buat gemukin badan tapi sehat?

nizar-modo mengatakan...

1 lagi tambahannya,,jangan makan sambil nonton tv(yang buat kita lupa waktu)/ kunyah makanan yang sampai lembut

KarumbuTribun mengatakan...

Artikelnya pas banget buat saya. Tips pertama itu yang paling gampang.

Oya, saya ini vegetarian sejak kecil. Kira-kira kekurangan dan kelebihannya apa ya?

Salam

faja12 mengatakan...

teman saya ada yang mengalami obesitas, setelah ia sapan 1 buah kentang tiap hari.. hasilnya wuih.. kayak ban dikempesin.. jadi langsing hehe

Poskan Komentar



"Silakan Berceloteh - Berkomentar Demi Kemajuan Indriana's Blog.

* Berkomentarlah dengan Bijak dan Kreatif
* Jangan Membuat Komentar Spam dan Kata-Kata Kasar
* Kritiklah Indriana's Blog dengan Baik dan Membangun

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentarnya."


Indriana's Blog

 

Copyright © 2011 Indriana's Blog

Supported by Blogger | Blog Nano Yulianto | Ari Febriant's Blog™ | Galeri Ari Febriant's | TV AriFebri | Seputar Sepak Bola Dunia