16 Apr 2011

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Banyak orang yang bingung ketika ditanya apa c bedanya laptop, notebook dan netbook? nah mari kita bahas satu per satu....

Laptop sebenarnya kata lain dari notebook, notebook yang disimpan di pangkuan (lap) atas (top). Perbedaan istilah notebook dan laptop lebih diakibatkan oleh pergeseran makna yang notabene berpengaruh pada penempatan posisi pemakai komputer itu sendiri, Jadi tidak ada bedanya antara laptop dengan notebook.’

Nah gimana dengan netbook? Pada dasarnya netbook hampir sama dengan notebook, hanya saja netbook lebih portable dan untuk keperluan komputeritasi yang ringan. Terus apa bedanya bedanya sama notebook??

Dimensi dan ukuran layar
Ada perbedaan yang cukup mencolok antara netbook dan notebook. Ukuran layar netbook lebih kecil dan berkisar di angka 7”-10,2” sedangkan notebook mulai 12” keatas. Selain itu, netbook berukuran lebih kecil dan lebih ringkas untuk dibawa-bawa dibanding notebook. Berat netbook juga jelas lebih ringan di banding notebook umumnya. Memang netbook lebih portable dibanding notebook.

Spesifikasi hardware
1. Laptop/Notebook, biasanya menggunakan prosesor yang lebih kuat seperti, Pentium Dual-core, Core2 Duo, Turion X2 dengan RAM yang sama atau lebih besar dari netbook. Notebook juga dapat menggunakan discrete graphic dari Ati Radeon atau Nvidia GeForce. Memiliki ukuran 10-17 inchi dan berat 2kg keatas. Disertai dengan CD-ROM.
2. Netbook, Biasanya menggunakan prosesor Intel Atom, VIA C7 yang hemat energi, dibekali RAM 512 MB – 1 GB untuk mendukung performanya. Netbook juga biasanya sudah dibekali peralatan untuk berinternet dengan nyaman dengan menyertakan wi-fi dan bluetooth bahkan akhir-akhir ini ada produsen yang menyertakan modem 3G dan 3,5G (HSDPA), tak lupa webcam pun hadir di sebagian besar netbook yang beredar. Memiliki ukuran yang “hanya” 8-10 inchian dan berat yang hanya 1kg-an. Biasanya tidak disertai dengan CD-ROM.

Daya tahan baterai
1. Laptop/Notebook, pada umumnya hanya mampu hidup dengan baterai selama 1-3 jam saja.
2. Netbook, mampu bertahan lama antara 3-5 jam. Ini dikarenakan hardware yang digunakan netbook lebih hemat energi dibanding notebook.

Input dan Output device
1. Laptop/Notebook, Kita bisa menemukan optical drive dan slot usb.
2. Netbook, rata-rata hanya terdapat slot usb. Hal ini karena netbook memang didesain seringkas mungkin dan lebih content consumption.

Performa
1. Laptop/Notebook, ditujukan bagi orang yang membutuhkan komputer yang cukup bertenaga untuk bekerja dan dapat dibawa kemana-mana. Performa notebook sekarang (terutama platform centrino2) sudah mendekati bahkan menyamai komputer desktop kelas mainstream. Performa ini sangat berguna bagi orang yang membutuhkan komputer pekerjaan editing multimedia atau hal-hal yang lebih dari sekedar mengetik.
2. Netbook, ditujukan bagi orang yang menginginkan mobilitas dalam menggunakan komputer untuk sekedar pekerjaan office dan internet.

Harga
1. Laptop/Notebook, memiliki kisaran harga dari 4,8 juta dengan spesifikasi hardware yang lumayan sampai dengan belasan juta rupiah.
2. Netbook, memiliki kisaran harga dari 3,3 juta. Tentunya lebih murah ketimbang Laptop/Notebook.

13 komentar:

Izoels notes mengatakan...

sangat berguna, thanks

Alexander Zulkarnain

Admin mengatakan...

Baru tahu nih yang kaya ginian.

Anonim mengatakan...

mantab infonya
thanks

asuransioke mengatakan...

posting mantap Gan, nice post

Turunkan Nurdin mengatakan...

Info dasar. Tapi penting juga.

Amazing Life and Music mengatakan...

Setuju sis..

Google Chromebook Laptop mengatakan...

Jujur aq baru tau perbedaannya,, makasih :)

Israel Defense Forces - IDF mengatakan...

Kren banget pengetahuannya.. Thanks

ino putro mengatakan...

hm,, kalo masalah harga tergantung,,,,
p lgi skrng,,,
:)

Harga Laptop [dot] Com mengatakan...

Wah lengkap bahasnya, sampai seharga-harganya juga, tapi iPad blm dibahas non..
Biar kita-2 tambah wawasan juga.. thanks

masarkandas mengatakan...

Gw sih lebih suka beli notebook daripada netbook.. Karena layar LCD dan hardware pada notebook lebih tinggi daripada netbook.. Maklum gamer, hehe... Salam kenal mas bro..

download film mengatakan...

menarik informasinya gan, klo artikelnya menarik dan sangat saya suka penjelasannya yg cukup menarik lagipula loe, juga bagi teman2 yg suka film box office ampe semi terbaru silakan kunjungi situsnya saya ok, makasi untuk admin situs ini loe, salam blogger indonesia.

Obat Tradisional Penyakit Asam Urat mengatakan...

informasi yang menarik.....

Posting Komentar



"Silakan Berceloteh - Berkomentar Demi Kemajuan Indriana's Blog.

* Berkomentarlah dengan Bijak dan Kreatif
* Jangan Membuat Komentar Spam dan Kata-Kata Kasar
* Kritiklah Indriana's Blog dengan Baik dan Membangun

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentarnya."


Indriana's Blog

 

Copyright © 2011 Indriana's Blog

Supported by Blogger | Blog Nano Yulianto | Ari Febriant's Blog™ | Galeri Ari Febriant's | TV AriFebri | Seputar Sepak Bola Dunia